SMK-SPM NASIONAL PURWOKERTO
A. Sejarah Singkat
Pada awal berdirinya,
sekolah ini bernama Sekolah Pelayaran Menengah Nasional yang didirikan oleh H.
Warman Suharno, SH.SE.MM sebagai sekolah pelayaran swasta satu-satunya
yang ada di Purwokerto yang beralamat di Jalan Pahlawan Tanjung. Pada tahun
1990, pindah alamat di tempat yang sekarang yaitu di jalan KH. Wahid Hasyim No
93 Purwokerto.
Pada Tahun 1997 sesuai dengan SK Kemediknas Berubah Nama Menjadi SMK Nasional Purwokerto. tetapi untuk supaya mudah dikenal oleh orang SMK Nasional Purwokerto lebih memilih dan lebih terkenal dengan SMK-SPM Nasional Purwokerto. SMK-SPM Nasional Purwokerto bernaung dibawah Yayasan Pendidikan Nasional Purwokerto yang diketuai oleh Bapak H. Warman Suharno, SH.SE.MM dan sekaligus Sebagai Kepala Sekolah di SMKSPM Nasional Purwokerto sampai Sekarang.
Pada Tahun 1997 sesuai dengan SK Kemediknas Berubah Nama Menjadi SMK Nasional Purwokerto. tetapi untuk supaya mudah dikenal oleh orang SMK Nasional Purwokerto lebih memilih dan lebih terkenal dengan SMK-SPM Nasional Purwokerto. SMK-SPM Nasional Purwokerto bernaung dibawah Yayasan Pendidikan Nasional Purwokerto yang diketuai oleh Bapak H. Warman Suharno, SH.SE.MM dan sekaligus Sebagai Kepala Sekolah di SMKSPM Nasional Purwokerto sampai Sekarang.
B.SARANA PRASARANA:
1. Gedung Milik Sendiri
2. Laboratorium Bahari
3. Laboratorium Navigasi
4. Laboratorium Komputer yang dilengkapi internet
5. Laboratorium Bahasa
6. Laboratorium Permesinan
7. Ruang Kerja Bengkel
8. Ruang Audio Visual
9. Perpustakaan
10.Free Hotspot Area
C.KOMPETENSI KEAHLIAN
1.TEKNIKA KAPAL NIAGA
2.NAUTIKA KAPAL NIAGA
D.STRUKTUR ORGANISASI SEKOLAH
1. Gedung Milik Sendiri
2. Laboratorium Bahari
3. Laboratorium Navigasi
4. Laboratorium Komputer yang dilengkapi internet
5. Laboratorium Bahasa
6. Laboratorium Permesinan
7. Ruang Kerja Bengkel
8. Ruang Audio Visual
9. Perpustakaan
10.Free Hotspot Area
C.KOMPETENSI KEAHLIAN
1.TEKNIKA KAPAL NIAGA
2.NAUTIKA KAPAL NIAGA
D.STRUKTUR ORGANISASI SEKOLAH
E.KEPALA SEKOLAH
>Selayang Pandang Kepala
Sekolah
Era globalisasi dengan
segala implikasinya menjadi salah satu pemicu cepatnya perubahan yang terjadi
pada berbagai aspek kehidupan masyarakat, dan bila tidak ada upaya
sungguh-sungguh untuk mengantisipasinya maka hal tersebut akan menjadi maslah
yang sangat serius. Dalam hal ini dunia pendidikan mempunyai tanggung jawab
yang besar, terutama dalam menyiapkan sumber daya manusia yang tangguh sehingga
mampu hidup selaras didalam perubahan itu sendiri. Pendidikan merupakan
investasi jangka panjang yang hasilnya tidak dapat dilihat dan dirasakan secara
instan, sehingga sekolah sebagai ujung tombak dilapangan harus memiliki arah
pengembangan jangka panjang dengan tahapan pencapaiannya yang jelas dan tetap
mengakomodir tuntutan permasalahan faktual kekinian yang ada di masyarakat.
F.Kemitraan
1. BIDANG PRAKTEK DAN KERJA DI KAPAL :
MOU DENGAN 10 PERUSAHAAN
2. BIDANG PRAKTEK KETRAMPILAN DAN PENDIDIKAN :
A. MOU DAN MOA DENGAN PIP SEMARANG
B. MOU DENGAN GROWT CENTRE SEMARANG
C. MOU DENGAN PERTAMINA JAKARTA
D. MOU DENGAN PT. PELINDO
E. MOU DENGAN PT PELNI
F. MOU DENGAN PT ASDP
G. MOU DENGAN Perusahaan Pelayaran Nasional dan International
MOU DENGAN 10 PERUSAHAAN
2. BIDANG PRAKTEK KETRAMPILAN DAN PENDIDIKAN :
A. MOU DAN MOA DENGAN PIP SEMARANG
B. MOU DENGAN GROWT CENTRE SEMARANG
C. MOU DENGAN PERTAMINA JAKARTA
D. MOU DENGAN PT. PELINDO
E. MOU DENGAN PT PELNI
F. MOU DENGAN PT ASDP
G. MOU DENGAN Perusahaan Pelayaran Nasional dan International
G.VISI DAN MISI
VISI
Menciptakan tenaga kerja Perwira Laut
Tingkat ATT IV dan ANT IV
Yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa
Untuk memenuhi kebutuhan pelaut
Sejalan dengan Globalisasi dan Pasar
Bebas
MISI
Senantiasa meingkatkan kemampuan diri dalam
berbagai Diklat kompetensi
Mengubah anak didik dari status beban menjadi
aset Pembangunan
Membekali peserta didik
dengan kemampuan untuk dapat mengembangkan dirinya secara berkelanjutan.
H.Komite Sekolah
Semenjak
diluncurkannya konsep Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah dalam sistem
manajemen sekolah, Komite Sekolah sebagai organisasi mitra sekolah memiliki
peran yang sangat strategis dalam upaya turut serta mengembangkan pendidikan di
sekolah. Kehadirannya tidak hanya sekedar sebagai stempel sekolah semata,
khususnya dalam upaya memungut biaya dari orang tua siswa, namun lebih jauh
Komite Sekolah harus dapat menjadi sebuah organisasi yang benar-benar dapat
mewadahi dan menyalurkan aspirasi serta prakarsa dari masyarakat dalam
melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan di sekolah serta dapat
menciptakan suasana dan kondisi transparan, akuntabel, dan demokratis dalam
penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu di sekolah.
Agar
Komite Sekolah dapat berdaya, maka dalam pembentukan pengurus pun harus dapat
memenuhi beberapa prinsip/kaidah dan mekanisme yang benar, serta dapat dikelola
secara benar pula.
Tautan
di bawah ini disajikan tentang apa itu Komite Sekolah, bagaimana proses
pembentukan pengurus Komite Sekolah, bagaimana mengelola Komite Sekolah,
mengapa Komite Sekolah perlu direvitalisasi. Tulisan ini diperoleh dari
berbagai sumber. diantaranya dari Depdiknas, dan Drs. Suparlan, M.Ed. dari Tim
Pengembangan Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah
0 komentar:
Posting Komentar